• Search form is empty!

  • WHAT'S NEW?
    Loading...

    Tips Sukses Interview Kerja

    Interview Kerja
    Ketika teman agan bertanya ke agan-agan mengenai apa yang harus dilakukan ketika interview kerja, agan pasti dengan percaya dirinya akan menjawab, "Pede aja gan! Santai ajaaa!" Tetapi ketika agan sendiri yang melakukan proses interview, ada saja pasti yang langsung ciyut nyalinya ketika melihat interviewer dengan paras yang galak, ditambah dengan pertanyaan yang mirip banget dengan soal UN, susah banget!

    Yup! Interview. Siapa sih yang nggak tau interview? Semua orang tahu apa itu interview. Interview adalah proses wawancara yang dilakukan pada tahap awal seseorang ingin bekerja di suatu kantor atau perusahaan. Interview tidak hanya dilakukan oleh mereka yang telah lulus kuliah yang ingin melamar pekerjaan, interview juga dilakukan ketika agan-agan yang masih mahasiswa yang ingin mengikuti program internship atau magang.

    Kita pastinya akan merasa senang ketika mendapat panggilan balik untuk melakukan interview di kantor dimana agan melamar, pertanda bahwa adanya kemungkinan agan bekerja di kantor impian. Nah, masalahnya adalah, sudah banyak orang yang ''kacau'' menghadapi interview kerja dengan berbagai alasan, biasanya alsannya adalah grogi. Padahal, interview merupakan ajang dimana agan-agan dapat show off akan semuah kelebihan, prestasi dan skill yang agan miliki. Jadi, interview memang harus dilakukan secara maksimal.
    Artikel kali ini, ane mau memberikan beberapa saran agar agan-agan bisa sukses menjalankan interview, segalak apapun paras interviewer, dan sesulit apapun pertanyaannya!  Check it out!



    BE CONFIDENT 
    Be Confident
     

    Kunci utama agan-agan sukses interview adalah percaya diri. Bagaimana tidak? Dengan percaya diri, kamu akan lebih lebih fokus dapat dengan maksimal menunjukan jati dirimu. Ketika agan-agan percaya diri, maka agan akan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan si interviewer. Seperti yang ane bilang sebelumnya, interview adalah ajang untuk menunjukan kemampuan diri. Kebayang kan apa yang akan terjadi ketika akan PD maksimal? Agan akan dapat menunjukan kemampuan diri agan dan menjelaskan semua skill yang agan miliki.
    Interview memang sering kali membuat deg-degan, namun dengan agan mengendalikan diri dan beruaha maksimal untuk percaya diri, maka kemungkinan deg-degan dan segala keraguan dalam menjawab pertanyaan interviewer akan sedikit berkurang. Jadi, pede aja ya gan!




    BE HONEST













    Be Honest

    Tidak dipungkiri lagi bahwa ketika melakukan interview, pasti agan-agan semua ingin menunjukan semua kemampuan yang agan miliki, namun terkadang beberapa pelamar pekerjaan ada yang melebih-lebihkan penjelasan dari jawaban yang dilontarkan interviewer, terutama pertanyaan mengenai kemampuan diri sendiri.
    Percaya diri memang bagus, namun kejujuran adalah yang terpenting. Lebih baik agan mengatakan hal yang sejujurnya tentang diri agan agar pihak HRD perusahaan dapat menempatkan agan di pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.
    Dalam dunia pekerjaan, membangun image yang baik adalah penting, jika agan melebih-lebihkan cerita tentang kemampuan yang agan miliki maka akan adanya kemungkinan agan diletakkan di divisi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kemampuan agan, yang dimana pada akhirnya agan akan bekerja dengan tidak maksimal karena memang agan memaksakan kemampuan diri sendiri.
    Nah, gak enak banget nih gan kalo hal seperti ini sudah menimpa kita. Kita menjadi tidak bekerja sesuai dengan yang perusahaan harapkan. So, be honest ya guys!










    COME ON TIME
    Come On Time


    Untuk bekerja di perusahaan manapun, pribadi yang berkomitmen dan pintar membagi waktu lah yang dibutuhkan. Dalam interview kerja, datang on time atau tepat waktu pun dapat menunjukan bahwa kita serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.
    Selain datang tepat waktu, pencarian lokasi di hari sebelum melakukan interview juga sangat disarankan agar agan-agan tidak terlalu membuang waktu jika mencari saat hari H.




    GOOD ATITUDE

    Good Atitude
    Good Atitude
     “When you are joyful, when you say yes to life and have fun and project positivity all around you, you become a sun in the center of every constellation, and people want to be near you.” ― Shannon L. Alder . Nah, ngerti gak gan?? Hahaha

    Maksud dari quote tersebut adalah, sepintar apapun kamu, tetapi jika sifat dan tingkah laku kamu tidak baik, maka tidak akan ada orang yang mau bekerja denganmu, tidak akan ada yang suka denganmu.
    Cobalah untuk selalu menerapkan 3S, Senyum, Salam, Sapa, karena terkadang SKSD memang diperlukan loh gan, walaupun tidak mengenali karyawan kantor, apa salahnya menyapa dan memberikan senyum? Secara tidak langsung, agan telah meyebarkan positive vibe dalam lingkungan kantor.
    Begitu juga ketika agan interview. Cobalah untuk sopan, sopan dalam arti menjaga kata-kata yang akan dibicarakan, jangan sampai berbicara dengan nada yang tinggi, bercanda sewajranya, karena memang terkadang sense of humor dapat membuat agan-agan lebih disukai oleh banyak orang loh! Yang terakhir, jangan smapai luoa untuk berjabat tangan pada awal dan akhir interview, dan ucapkan terimakasih.











    TAKE YOUR SELF

    Talk Your Self

    Menurut survei, berbicara kepada diri sendiri akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan mental loh gan. Mengulangi kata-kata dengan suara keras memercikan memori mengenai benda yang dikenal, membuat mereka lebih mudah terlihat dan ditemukan. Sama dengan ide. Agan-agan dapat berlatih wawancara dengan berbicara kepada diri sendiri, seakan-akan agan sedang melakukan proses interview. Selain itu, dengan berbicara sendiri, stres akan berkurang loh gan! Kamu secara tidak sadar akan merasa lebih rileks dan siap untuk melakukan proses interview. Nice try! 



    Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/57bd749ba2c06e3f2a8b4567/5-tips-sukses-interview/?ref=homelanding&med=hot_thread